Food Note: Dodol Rumput Laut Lombok

Bayudita, tetangga depan cubicle, hari ini bawa oleh-oleh unik lagi. Setelah sebelumnya dapet kiriman amplang, kali ini dia bawa sesuatu yang lain; dodol rumput laut Lombok. Walaupun rada jengah sama manisnya dodol, namun keseriusan baca-baca email gw terusik juga waktu ngeliat tampilan dodolnya yang unik: bening dan kaku. Lebih mirip candy stick atau agar-agar bakar favorit gw itu, daripada mirip dodol yang rata-rata butek.

Kemasannya juga professional: bentuk dan potongan rapi yang dikemas dalam plastik individual berwarna bening.Bungkus luarnya katanya bagus juga, tapi berhubung dah dibuang sama yang punya maka gw cuma bisa nyari tau lewat Google dan berhasil; malah ternyata ada juga toko yang jualan produk ini online.

Kalau dipegang rasanya kaku, dan terlihat masih ada serpihan kertas-kertas tipis menempel di sekujur body nya; yang ternyata bukan kertas, jadi gw duga itu adalah sejenis lapisan tipis agar-agar kering yang melt in your mouth, seperti yang terdapat di permen susu china gambar kelinci itu.

Sewaktu dicoba, rasanya juga ternyata nggak terlalu manis! Berbeda dengan konvensi standar dodol yang tingkat manisnya itu antara tinggi, hingga amit-amit. Teksturnya keras kenyal, kekenyalannya mirip dengan kekenyalan Konyaku instant produksi dalam negeri, tapi dalam tingkat kadar air yang lebih kering lagi. Kalau dari segi rasa, selain manis dan sensasi kenyalnya ini, maka nggak ada rasa yang significant. Perasa tambahannya juga nggak terlalu kentara, dan cuma lewat sekilas saja di indera pengecap; jadi ini bener-bener dodol yang karakternya soft banget.

After taste nya yang rada kurang enak: asem di belakang mulut, mirip seperti after taste kalau abis minum teh manis anget pagi-pagi; hal ini rada mengherankan, soalnya tadi rasa manisnya nggak terlalu heboh untuk nimbulin after taste sedemikian.

Walau demikian, ini jenis dodol yang unik dan nggak seperti dodol-dodol lainnya yang sudah ada. Mungkin secara taksonomi memang bukan dodol juga tapi dinamai sedemikian supaya lebih mudah diterima publik? Ah ribet amat, yang pasti penganan yang satu ini layak buat dijajal, terlebih buat mereka yang kurang toleran sama dodol standar, yang biasanya terlalu manis. (bay)

5 comments:

Keke Rachmad said...

Pas makan, setuju sama Kang Bayu, ga' kerasa kayak dodol. Kalo saya rasa, malahan kayak agar-agar swallow. Manisnya pas trus kenyal gitu :) Di Jakarta ada yang jual ga' ya?

Bayu Amus said...

hm... selain online mungkin adanya malah di toko-toko oleh2 mewah gitu? Kayaknya saya juga belon pernah nemu yang beginian kalau di Jakarta sih ke

Wisnu indrasworo said...

Kang Bayu, yang di permen susu kelinci itu denger2 bukan gelatin/kertas agar2.. tapi... kertas :((

Bayu Amus said...

Ada dua jenis permen kelinci, satu yang mahal (asli), satu lagi yang murah (aspal); desain kemasannya juga beda dikit, tapi satu tema. Nah kalau yang di versi aspalnya emang kertas, makanya nggak lumer-lumer; sedangkan yang di versi aslinya nah itu gak bisa dikupas, trus bahannya mirip plastik tapi kena air langsung lumer jadi gel, nggak ada serat kertas. Nggak pernah nge-test ke lab sih itu gel agar2 atau kertas, tapi ngeliat karakteristiknya, itu agar-agar kering.

Sentra Camilan said...

Kita ada jual nih, harga bersaing kok.
Mampir ya ke : http://sentracamilan.multiply.com

Menjual :
- Kerupuk Kennie 3D
- Dodol Rumput Laut, Dodol Nangka, dll khas Lombok
- Tepung Gasol
- Kaldu Non MSG (aman untuk ibu hamil, balita, manula, anak autis)
- Melilea Organik (Soya, Greenfield, Apple) harga murah
- Abon Non MSG
- Bumbu Non MSG
- Manisan Cirebon
- Keripik Balado Christine Hakim
- Keripik Pisang Mr. Monkey
- Petis Udang Ny. Siok
- Bekatul Organik (Tepung, Kukis)
- Carica Dieng
- Lempuk Duren
- Keripik Buah
- Bandrek, Sekoteng, Bajigur, Beras Kencur, dll
- Aneka Camilan dan Snack khas Nusantara

Menerima pesanan via JNE, Pahala Kencana, ESL

Offline Store :
Sentra Camilan Nusantara
Ruko Golden Road Blok C28 No. 23
Kawasan ITC BSD - Tangerang
Telp. 537 5995 - 0818 908 374

Appearances