Mr Cakwe : new style cakwe

Rating:★★★★
Category:Other
Hi this is my first review here, salam kenal, especially epicurian surabaya :)
~~~~~~~~~~~~~~~~~~~
Mr Cakwe - PosterMr. Cakwe. No ! Itu bukan julukan saya lho :D Ini tentang cakwe gaya baru. Flash back dulu ke tahun 2006, franchise K-Patats lagi booming di Surabaya. Konsep sederhana : french fries + mayonnaise (mayo), tapi segmen-nya 'kena' banget. Kemudian org2 pun mulai mengekor, mulai menjiplak konsepnya dan menawarkan harga yg lebih murah. Ada juga yg lebih kreatif, gak pake kentang. Mereka siramkan mayo pada tahu, singkong, ubi, gethuk .. (gak ding, yg terakhir bo'ong). Hasilnya tidak terlalu memuaskan karena memang aneh & gak cocok. Demam mayo-mayoan itu skrg udah agak reda (abis diminumin Tempra kali hehe )

Tapi dari hasil kongko2 malam mingguan di PTC (Supermall) Surabaya bbrp waktu lalu, saya menemukan spot Mr Cakwe. Dari namanya sudah jelas, jualan cakwe. Makanan yg biasanya jadi teman setia makan bubur. Nah, di Mr Cakwe ini cakwe dipotong2 bite size lalu dilumuri dgn saus mayo. Dari konsep & packaging, tampaknya jelas mengekor kesuksesan K-Patats.

Kalau K-Patats jelas sangat beraroma western. Sedangkan Mr Cakwe mengusung East (cakwe) meets West (mayo). Hal ini tampaknya yg menjadi daya tarik. Sudah 3 kali saya lewat stan Mr Cakwe, tapi tidak pernah sepi pembeli.

Mr Cakwe - Brochure
Mr Cakwe - Shrimp BBQ Cakwe


Ada beberapa jenis kombinasi cakwe & bumbu yang ditawarkan. Ada plain cakwe dan cakwe udang (shrimp cakwe), dikombinasikan dengan bumbu mayo, BBQ, Cheese, Teriyaki atau Balado. Harga berkisar dari 5K sampe 7.5K. Rasanya enak kok. Renyah. Rasa cakwe yg cenderung asin berpadu mesra dgn mayo yg beraksen manis. Menurut saya cakwe udang lebih nikmat (tapi lebih mahal) dari yg jenis cakwe biasa.
Mr Cakwe - Cakwe Mayo

Oya, waktu saya kecil. Saya suka pergi beli sendiri cakwe langsung ke warung untuk melihat kelihaian si engkoh mengolah adonan cakwe bak jagoan kungfu. Ditarik, dilipat, di-potong2.. chop chop chop ! Ciat ! *amazed* But... sayangnya kita ga bisa melihat itu di Mr Cakwe, karena cakwenya sudah ready to fried.

Overall, dengan harganya yg cukup terjangkau, worth to try. Mungkin bukan sbg teman makan bubur, tapi buat snack sambil main kartu di foodcourt *nakal*

Jie-o-Meter :
Food ~ 7.5 / 10
Packaging ~ 8 / 10
Service ~ 7.5 / 10

Original post at inijie.com

7 comments:

Dinosh Nosh said...

waaa...cuma ada d surabaya aja ya?

JieWa Vieri said...

Kayaknya sih gitu.. kalo dikotamu blom ada, coba aja bikin.. sapa tau laris :D

JieWa Vieri said...

Kayaknya sih gitu.. kalo dikotamu blom ada, coba aja bikin.. sapa tau laris :D

margie u. said...

D jakarta ada sih stand cakwe2x gini, udah lama jg, namanya Orchard. Yg dijual 'aneh2x', mulai dr cakwe biasa yg dipotong2x n disajiin pk saus cabe-cuka, cakwe pizza, cakwe hotdog, sampe cakwe pk eskrim.. Dulu ada d Mal Citraland n Megamal, ga tau skrg msh survive gak tuh

Dewi Citrowati said...

Di food court Mall Kelapa Gading ada cabangnya Hau's Tea yg di Bandung itu lho... Murah meriah dan enak bgt cakwenya, macem2 jg dr yg konvensional ampe yg fussion (cieh...!).

JieWa Vieri said...

@Margie : lebih variatif ya.. pernah nyobain ga ?
@cinnamoniac : woo.. ternyata banyak yah yg sudah duluan.

Update sejarah cakwe :
Cakwe pertama kali dibuat jamandinasti Song di cina. Waktu itu jendral Gak Hui (Yue Fei) yang terkenal patriot dan gagah berani dalam mengusir tentara Jin di perbatasan dihukum mati oleh kaisar Xiao Zong akibat fitnahan perdana menteri Cin Kwe(Qin Kuai) dan istrinya.
Saking sedih dan kesalnya karena peristiwa itu seorang tukang roti membuat adonan terigu yang mirip dua tubuh manusia yang dipilin sebagai perlambang Cin Kwe dan istrinya, lalu adonan itu digoreng, dan semua penduduk kota makan ramai-ramai untuk melampiaskan kekesalan pada Cin Kwe. Akhirnya terigu goreng itu disebut chao kwe alias kwe goreng.

Sumber artikelnya :
http://chineseculture.about.com/library/weekly/aa041301a.htm

margie u. said...

lucu jg ya asal-usulnya. absurd..

pernah nyoba Jie tp krg suka. Biasa aj la, enakan cakwe yg dijual d pasar, lbh murah pula hahah

Appearances