Balik Bandung: Sarapan

Ternyata selain dari Bubur Ayam, sarapan populer di Bandung adalah Nasi Kuning. Kadang ada kupat tahu atau soto ayam, tapi lebih sering nemu yang dua itu tadi. Pilihan lainnya? Mampir ke toko-toko kue tempo doeloe dan beli bacang / lontong / kroket yang masih anget karena baru dateng. Jam 7 pagi biasanya dah available. Toko kue besar sekelas Kartika Sari juga buka pagi, lontong daging sapinya enak banget, sebiji cuma 2.250 rupiah, beli dua udah lumayan kenyang.

Bubur Ayam di Bandung bakalan bikin orang Jakarta heran... soalnya kalau di Jakarta sana rata-rata buburnya disiram kuah kuning, tanpa kacang, dan banyak pilihan sate-satean (ati-ampela, telor puyuh, usus, dll.), maka di Bandung style nya cenderung polos. Kacang kedelai garing bisa dibilang wajib, tapi jangan harap nemu pilihan sate-satean kalau bukan di beberapa tempat khusus saja.

Nasi Kuningnya sih biasanya udah komplit, ada oseng tempe, bihun / soun, telur dadar suwir, dan sambel. Sambelnya spesial, sambel oncom. Tapi jangan kecewa kalau nemu "cuma" sambel tomat atau terasi, enak juga koq.

Pilihan lain yang cukup aduhai adalah Surabi (Serabi). Biasanya dijual di pinggir jalan, tapi jalanan2 kecil bukan jalan arteri. Kayak tadi pagi nih nemu satu di daerah Setrasari Mall. Karakter rasa santen nya kerasa cukup kuat, teksturnya lembut dan rada kenyal, topping oncomnya juga enak, maklum oncom Bandung kan emang top! Beda sama oncom Jakarta yang kadang berasa makan sampah, karena isinya cuma ampas kelapa dan kadang udah berlendir pula...

Versi manisnya juga top! Surabi plain disiram saus kental gula merah plus kelapa parut. Mantep lah. Gak nyesel.

Yang belum nemu? Makanan favorit gw, Tutug Oncom! Tapi emang yang satu ini sih rada kurang populer dibanding jajanan2 standar lainnya.

Eh iya, kembali ke Kartika Sari, ternyata menurut info sang adik, diatas jam 10 malem pun toko pusatnya masih "buka", walau yang berjualan udah bukan tim originalnya, tapi Satpam yang jaga disana. Keliatannya ada special deal yang win-win antara toko dan si satpam. Boleh dicoba kapan-kapan buat yang malem-malem ngidam pisang molen. Katanya masih anget pula.

Dan soal pisang & roti bakar Madtari di Jl. Dipatiukur sana, kata temennya adik yang juga salahsatu supplier kesana ngasi tau kalau omset beli keju mereka adalah 150 juta rupiah, per SATU MINGGU. Gila...

Sekian sekilas info soal sarapan dan nyerempet2 ke jajanan... dari gw yang sekarang sedang "Balik Bandung".(bay)

7 comments:

Keke Rachmad said...

Kayaknya pernah denger dan (mungkin) pernah coba. Ini tuh nasi yang diaduk sama oncom goreng bukan sih? Trus kayak ada rasa cikurnya gitu bukan? Aneh-aneh enak :)

Aki JUWARA said...

Hahahahahaha....................
The Master hunting again!.
gitu dong? hunting yg K-5 juga, jangan yg mahal2 terus?
Mampir ke "ttm" lembang dong?
kritik ikan bakar saya...... ( kalo suka ikan bakar seh?)
Besok minggu, sayur organik saya masuk Trans TV lho?
nanti saya kasih test menu. Gimana?
tapi PM dulu.

Bayu Amus said...

betul sekali keke! cuma biasanya si oncom bukan digoreng tapi dibakar. bumbunya sederhana sekali, cuma cikur (kencur), bawang merah, dan garem (dan oncom bandung tentunya). kalau mau lebih asik lagi biasanya diaduk sama kerupuk warung yang diremukkan, jadi ada sensasi kenyal2nya gitu deh hehehehe

Bayu Amus said...

Mencoba melihat Bandung lagi dengan kacamata yang lebih "fresh" =)

Bandung itu kaya sekali potensi kulinernya, coba perhatiin kalau Minggu pagi di Gasibu... weleh! Banyakan orang jajan daripada lari pagi =D, jenis jajanannya juga beragam banget dan aduhai... Tapi dikit sekali epicurean yang ngebahas... mungkin karena sudah terlalu terbiasa jadi dianggap so-so, padahal apa yang kita anggap biasa bisa jadi unik buat para pendatang di Bandung =)

Insyaalloh pengen mampir ke TTM, tapi mungkin nggak weekend ini pa, ini aja masih di kantor, lembur. Jadinya bisnis sayur organik juga? Wah hebat... TransTV jam berapa? Mau dimuat di kalendernya Epicurina juga boleh koq

Aki JUWARA said...

Acara Trans TV Liputan Sore, jam 15.30.
Wah ga tau caranya tuh? tapi kalo mau ngajarin boleh aja.
kebetulan saya lg di Jakarta skrg. jadi ga perlu munggu ini, gapapa.
mang Gasibu, kaya banget. Sktr seminggu lalu saya jalan2 kesana,
Ya Ampuuuun!, Itu benar2 Pesta rakyat mingguan!.
Musti datang sesekali, karena akan teringat terus!.

Bayu Amus said...

Dari "Post" pilih "Groups"- "Epicurina" - "Events"

atau click langsung kesini nih:

http://epicurina.multiply.com/calendar/compose

Aki JUWARA said...

Thank you Broer!

Appearances