Krispy Kreme Doughnuts


Rating:★★★
Category:Restaurants
Cuisine: American
Location:Senayan City
Lia rekan epicurean, berujar kalau di Jakarta ini akan segera dimasuki juga produsen donat dari luar negeri: "Krispy Kreme". Gerai donat yang telah beroperasi di AS sejak tahun 1937 ini, merupakan salahsatu merk donat kelas dunia, yang beroperasi di berbagai negara. Sebelum masuk ke Indonesia, KK baru saja membuka cabangnya di Hongkong pada Agustus 2006, menambah panjang daftar gerai mereka di kawasan Australasia: Korea Selatan, Australia, Hongkong, dan Indonesia1.

Setelah menunggu beberapa lama, akhirnya franchise yang dimaksud inipun membuka gerainya di Senayan City lantai B1, face to face dengan jawara donat Jakarta saat ini: J.Co. Merk yang disebut terakhir tersebut, merupakan brand "asli" Indonesia kreasi Johny Andrean, yang sebelumnya tenar sebagai hair-stylist, dan sukses juga mempopulerkan BreadTalk.

Dari pengamatan pertama, ukuran donat ini tidaklah jauh berbeda dengan produk kompetitornya, hanya saja terdapat variasi yang lebih beragam, disamping harga yang sedikit lebih mahal (sekitar 6K per piece). Namun demikian, KK juga menerapkan skema harga progresif, dimana harga per-lusinnya turun menjadi sekitar 50K, dan lebih rendah lagi untuk lusin kedua.

Dari tiga macam donat yang penulis coba; New York Cheesecake, Chocolate Iced Glazed Cruller, Chocolate Iced Kreme Filled, semuanya memiliki suatu kesamaan; karakter dough (adonan) yang lebih padat, dan... rasa manis yang masuk kategori pembunuhan! Gw yang suka manis aja, sampe bergidik makan donat-donat ini. Aftertaste-nya sendiri berkeliaran cukup lama di mulut gw, dan baru bisa ngibrit setelah diusir dengan bilasan green tea botolan. Heuh...

Perlu diakui, karakter paduan rasa yang mereka tawarkan merupakan suatu "pencerahan" dan lebih "berani" dibandingkan dengan apa yang ditawarkan oleh J.Co yang cenderung "lemah lembut", atau (apalagi) terhadap Dunkin Donuts yang bisa dibilang akhir-akhir ini kurang ber-inovasi dibanding saingan-saingannya tersebut. Selain itu, gw pribadi lebih suka dough dari KK yang lebih condong ke "klasik" dibandingkan dough nya J.Co yang lembek dan mudah kempes. Hanya saja karena kadar manisnya itu, dan aromanya kalah membius dibandingkan J.Co, maka kepaksa penilaian akhir gw turunkan sedikit; 3 - 3.5 bintang. (bay)
Enhanced by Zemanta

26 comments:

R L said...

dr 3 toko donat trendy (krispy, dunkin, j.co) gw tetep lebih suka donat lily. kyknya emang berdasarkan hasil konsensus, krispy terlalu manis bahkan utk ukuran lidah org indonesia.

Bayu Amus said...

salah ngitung ya? =P

btw, lily itu yang mana yah li? adanya dimana?

Manda Mandey said...

coba glaze donut Jesslyn K deh Kang Bay..

Ciput McQueen said...

Huh donat lagi, donat lagi... yg dibeli di warung depan rumah aja belum abis2 tuh Bay.

Chica Paramita said...

Bener, KK manisnya astaganagadrakula banget..untuk adonan gue juga lebih suka KK daripada J.Co

Eh sekarang Dunkin udah ganti resep lho, adonannya sekarang mirip sama KK. Ada varian baru juga, yang sayangnya nyontek al capone dan crunchycrunchy-nya J.Co.

Bayu Amus said...

padahal mereka brand nya dah sangat dikenal ama masyarakat ya? coba dari dulu tanggap ma inovasi... heuh... sekarang malah jadi pengekor...

Marcella Listyani said...

jadi enakan mana nih om?J.co/KK?

Bayu Amus said...

Lho, lidah tiap orang kan beda cell =), makanya oom (cieh oom) cuma deskripsikan karakter utamanya aja:

J.Co:
+ Dough: lembek, lembut, mudah kempes
+ Toppings: beragam, tapi rata2 soft dan "santun"
+ Harga: sekitar 5K/pcs

KK:
+ Dough: firm, kekenyalan medium
+ Toppings: beragam, banyak yang "sangar", rata-rata super manis.
+ Harga: sekitar 6K/pcs

Yang mana yang kamu suka? Silakan pilih, dan jangan lupa kirim satu lusin kesini yaa =D

Mamiek Syamil said...

*Semaput* Harganya sama dengan di US???!!!

Mamiek Syamil said...

Jadi inget suatu ketika suami pesan selusin KK berbagai rasa. Ternyata penjualnya salah ngasih, dikasih coklat semua. Suami protes, akhirnya dikasih lusin yang kedua, gratis. Halah...donat 2 lusin sapa yang makan????

Chica Paramita said...

sangar = gondrong, kumisan dan bertattoo ? =))

Kartika Hopper said...

tell me crazy... but i like donat abang2 better ..... hehhehe... too bad can't get them here :(

margie u. said...

Donat Kentang is d best.. =P
Makan KK segigit aj bikin g sakit kepala (lgs sugar rush!!).. JCo lbh ok soal taste n lgpula lbh ga filling (lighter).. walopun emank dough KK lbh ok krn lbh lembut n literally melts in ur mouth (menteganya segambreng bgt kli yah?!), tp buat g terlalu filling (padet gt)
Malah mnrt g topping lbh beragam JCo? d KK standar aj ah kynya..g suka Cheese me Up-nya JCo sih heheh krn ga manis
DD dr dulu g ga suka, gila2xan tuh pengawetnya, baunya mana tahannnn..*mabok*

btw lucu tuh gontok2xannya JCo n KK d Senayan City. Krn sebrang2xan jd bvener2x head on yah, msg2x bagi2x donat gratis d depan hahaha pdhl dl sblm KK buka ga gituh loh.. trus JCo mulai, trus KK jd ikutan jg. itung2x ga usa beli, asal lewat aj ud dpt 2 donat serupa tp tak sama (krn yg dibagiin yg original glazed) =P

Marcella Listyani said...

...
kirim pake apa nih??=P

Lala Lumunon said...

Konon yang udah biasa ngabisin setengah lusin donat J.Co, pas makan satu aja donat Krispy Kreme gak bisa abis. Hehehe... Emang manis banget yah? Gue sih belom nyoba... Apalagi gue juga gak doyan manis...

Mending muffin aja deh, dibanding donat. :D

Bayu Amus said...

hahaha! kurang lebih begitulah rasanya =D

Bayu Amus said...

lala, for you and the baby's sake, don't try this at home! kalo ada yang nekad ngirim elo KK, segera kirim ke sini! biar gw review ulang!

Bayu Amus said...

Haaa!!! Actually ini adalah salahsatu favorit gw dan isteri sejak sekitar 4 bulan silam, nemu di Sarinah Thamrin, dimakan anget-anget, cukup ma gula tepung, tapi oooooohhhhhh!

Cuma 2000 rupiah juga! =D

Ntar mampir aaah pas buka...

rina rina said...

iya manisnya bikin diabetes (berlebihan) hehe...
yg jelas, gigiku yg bolong sampe ngilu gilagilaan!

margie u. said...

plg meningan tuh yg sugar-dusted alias pk gula pasir gt krn ga semanis yg glazed.. gulanya bisa ditepuk2x dkt jd passss

dita ramadhani said...

heheh,,bener2 bikin diabetes, rin. Gw lebih suka donat abang-abang yang jualan di fisip :)

R L said...

gw nemu di bazaar yg diadain di wisma bni 46. tp katanya emang sering mondok di situ. rasanya sih persis sama ama donat kampung yg di ambasador.

eka ratna said...

cobain "i crave" deh kang, rasanya n' dough-nya okeh deh, variasi kaya, waktu itu nyobainnya NYC Strawberry cheese, double cheese,crispy choco, n' almond, waktu itu belinya di Atrium-Senen, di Citra Land juga ada, aroma butternya langsung nyegrak bgtu masuk he he he...****

Bayu Amus said...

revised review disini yah: http://kangbayu.multiply.com/reviews/item/150

Eriq Eyiq said...

kok revised nya tetep ga bintang 5 sih.. *protes*

Bayu Amus said...

reserved buat yang bener2 buat kejutan riq...

Appearances