Mr Cakwe : new style cakwe

Rating:★★★★
Category:Other
Hi this is my first review here, salam kenal, especially epicurian surabaya :)
~~~~~~~~~~~~~~~~~~~
Mr Cakwe - PosterMr. Cakwe. No ! Itu bukan julukan saya lho :D Ini tentang cakwe gaya baru. Flash back dulu ke tahun 2006, franchise K-Patats lagi booming di Surabaya. Konsep sederhana : french fries + mayonnaise (mayo), tapi segmen-nya 'kena' banget. Kemudian org2 pun mulai mengekor, mulai menjiplak konsepnya dan menawarkan harga yg lebih murah. Ada juga yg lebih kreatif, gak pake kentang. Mereka siramkan mayo pada tahu, singkong, ubi, gethuk .. (gak ding, yg terakhir bo'ong). Hasilnya tidak terlalu memuaskan karena memang aneh & gak cocok. Demam mayo-mayoan itu skrg udah agak reda (abis diminumin Tempra kali hehe )

Tapi dari hasil kongko2 malam mingguan di PTC (Supermall) Surabaya bbrp waktu lalu, saya menemukan spot Mr Cakwe. Dari namanya sudah jelas, jualan cakwe. Makanan yg biasanya jadi teman setia makan bubur. Nah, di Mr Cakwe ini cakwe dipotong2 bite size lalu dilumuri dgn saus mayo. Dari konsep & packaging, tampaknya jelas mengekor kesuksesan K-Patats.

Kalau K-Patats jelas sangat beraroma western. Sedangkan Mr Cakwe mengusung East (cakwe) meets West (mayo). Hal ini tampaknya yg menjadi daya tarik. Sudah 3 kali saya lewat stan Mr Cakwe, tapi tidak pernah sepi pembeli.

Mr Cakwe - Brochure
Mr Cakwe - Shrimp BBQ Cakwe


Ada beberapa jenis kombinasi cakwe & bumbu yang ditawarkan. Ada plain cakwe dan cakwe udang (shrimp cakwe), dikombinasikan dengan bumbu mayo, BBQ, Cheese, Teriyaki atau Balado. Harga berkisar dari 5K sampe 7.5K. Rasanya enak kok. Renyah. Rasa cakwe yg cenderung asin berpadu mesra dgn mayo yg beraksen manis. Menurut saya cakwe udang lebih nikmat (tapi lebih mahal) dari yg jenis cakwe biasa.
Mr Cakwe - Cakwe Mayo

Oya, waktu saya kecil. Saya suka pergi beli sendiri cakwe langsung ke warung untuk melihat kelihaian si engkoh mengolah adonan cakwe bak jagoan kungfu. Ditarik, dilipat, di-potong2.. chop chop chop ! Ciat ! *amazed* But... sayangnya kita ga bisa melihat itu di Mr Cakwe, karena cakwenya sudah ready to fried.

Overall, dengan harganya yg cukup terjangkau, worth to try. Mungkin bukan sbg teman makan bubur, tapi buat snack sambil main kartu di foodcourt *nakal*

Jie-o-Meter :
Food ~ 7.5 / 10
Packaging ~ 8 / 10
Service ~ 7.5 / 10

Original post at inijie.com

7 comments:

Appearances