Mie Ayam Boy

Rating:★★
Category:Restaurants
Cuisine: Chinese
Location:Pasar Mayestik
Perlu di-review karena menurut gw dan isteri, Mie Ayam Boy samasekali nggak sesuai harapan. Yah, harapan sih personal things ya, tapi on overall sih kami salah informasi. Menurut temen isteri, tempat ini menyajikan "Mie Ayam", cuma dia nggak nyebut kalau mie ayam nya itu Chinese style, bukan Jawa style. Padahal kami dah bilang sama ybs kalau perbandingan kami adalah Mie Ayam Yunus di Tebet (Javanese style).

Selain sulit banget nyari tempat duduk kalau pas jam sibuk, suasanya juga yah nothing to enjoy karena setting tempat bener2 minimalis ala kedai mie jaman baheula seperti Bakmi Gang Kelinci era 80-an.

Pilihan makanannya ada tiga: Mie, Bihun, dan Kwetiau. Masing-masing bisa dipilih dengan variasi plus ayam, plus baso, plus pangsit (kering/kuah) atau variasi antara ketiganya.

Tastewise sih yaaaa lumayan enak lah, dengan kadar minyak yang rada-rada overloaded. Cuma, dengan total damage makan bedua yang bisa jatuh hingga diatas IDR 50K untuk berdua (kalo pesen menu komplit), rasanya gw tau beberapa alternatif yang cukup nendang dengan harga yang lebih bersahabat. Apalagi kalo dibandingin sama Mie Ayam Yunus yang semangkuk cuma 8K.

Tapi kalau menilik suasana toko saat itu, keliatannya lidah kami berdualah yang "salah", karena Mie Ayam Boy yang ngetop dan sudah ada sejak bertahun-tahun silam ini kelihatannya nggak sulit menjaring pengunjung, terutama dari kalangan wanita, wanita, dan wanita. (bay)

15 comments:

Arkan Smart Shop said...

Wah, mungkin bakmi boy lama2 kualitas rasanya makin menurun ya? terakhir kali makan di situ sm ortu 2 thn yg lalu (krn katanya bakmi boy yg di mayestik ini salah satu tempat mereka pacaran dulu-thn 70-an) rasanya lumayan lah, kalo kata ortu saya sih emang dulu rasanya enak & msh ngga banyak saingan, makanya jd cpt terkenal kali ya?

Bayu Amus said...

mungkin demikian, berarti banyak yang kesini karena faktor nostalgia ya?

feri r said...

slurrrppppp

Retty Paruntu said...

Mie Ayam Boy ini kebetulan langganan lama keluarga/saudara karena ada saudara yg tinggal di daerah Mayestik juga. Rasanya cocok banget sama lidah kami sekeluarga. Dan karena kami kenalnya dari dulu memang rasanya seperti itu, kami ngga pernah membandingi dengan mie ayam a'la jawa. Saya rasa mie ayam memang banyak variasinya, jadi boleh2 aja setiap warung/resto menyajikan menu mie ayam dengan variasinya sendiri tanpa harus tambah embel2 a'la jawa kah atau a'la china.
Kalo soal harga saya ngga kasih comment deh, emang 50K+ rasanya mahal sih utk makan berdua. Tapi semua tergantung apa yg kita expect dan kita dapatkan.
Makasih mas Bayu utk reviewnya, jadi kangen nih pengen pulang ke Jkt pengen mampir ke Mie Ayam Boy Mayestik :)

piska aprilia said...

Wahh..ini resto ku dari jaman aku SD lho..dari tempatnya diluar pasar mayestik sampe punya tempat resto di dalem wilayah pasar mayestik (skrg aku udah kerja) dulu yaa..aku sukaaaaaaa bgt sm Bakmi Boy..
saos'nya yang bikin beda..waktu smu aku masih sering kesana,tapi semenjak kuliah udah ga pernah kesana lagi..nah setahun yang lau aku coba nostalgia kesana..pesen bakmi Boy Bakso..tapi aku kecewa masalahnya mie'nya koq sekarang tambah lebar aja..terus gampang lembek..pokoknya rasanya kurang enak seperti aku makan dulu...
Jadi sekarang udah ga pernah minat kesana lagi dech..mending GM..hehehe

Keke Rachmad said...

Kang, kalo gue sih keberatan sama mie-nya yang kelewat oily dan banyak. Sedangkan topping-nya dikit :p

One Hamdjani said...

di jakarta, gak ada mie ayam yang enak. rata rata kategori enak di jakarta buat mie ayam itu banyak, isinya penuh, saosnya sampe bejibun, ayamnya nggak konek ama mienya. termasuk mie boy.

standard mie ayam yang enak, mungkin mie raos dan mie lela (mie nya garing..bukan kering apalagi berminyak), di jakarta yang memper enak (mulai dari jenis mie dan kuah beningnya) adalah bakso tembak senayan yg franchisenya berbentuk restaurant kayak di pasaraya bukan yg di kantin kayak di tebet deket soto gebrak, baksonya enak, sudah berpindah dari bakso besar berlemak ke bakso medium dan crunchy, yang ciri cirinya kalau dikelupas kayak berlapis lapis.

Bayu Amus said...

mie lela.... bandung?

One Hamdjani said...

sumuhun

Bayu Amus said...

kalau nggak merepotkan tolong posting sekalian alamat lengkapnya dong, siapa tau bisa diagendakan dalam next visit to bandung =)

Bayu Amus said...

Ini cuma kategori informal =), nggada maksud buat membedakan berdasarkan etnis-ras juga, cuma pada nyatanya ada dua "kubu" besar mie ayam yang bisa ditemui di Jakarta ini:

+ mie ayam "Jawa" / "kampung": mie yang dipakai biasanya mie telor bulet, fresh (bukan kering). toppingnya berupa potongan ayam (dan kulit, tulang, anything imaginable) dimasak dengan bumbu kecap ala semur. condiment nya biasanya saus misterius, sambal, dan kecap

+ mie ayam "Chinese"; mie yang dipakai seringkali dari jenis mie kering. ada juga yang home-made dengan beragam karakter khusus dari masing2 vendor; sedikit lebih lebar dan kenyal misalnya. toppingnya, umumnya berupa potongan ayam yang dimasak "putih", either dikukus atau direbus, dan cenderung minimalis. condimentnya biasanya kecap manis, kecap asin, saos misterius, sambal (kadang ada sambal tauco), dan cuka

antara keduanya ini tentu bedanya cukup significant, baik dari nuansa rasa, maupun harga =) semangkuk mie ayam Jawa komplit (plus bakso dan pangsit goreng) biasanya cost less than 10K. sedangkan mie ayam Chinese, dengan kelengkapan standar saja harganya sudah diatas 10K, dan kalau versi lengkap bisa jatuh diatas 20K

nah, maka dari itu kalo saya pribadi selalu bedain antara mie ayam Jawa dan mie ayam Chinese, karena kita bicara mengenai a whole different "species" =)

Rina Radhiah said...

Mie ayam enak langganan ku sama suamiku nemu dkt rumah, di Jalan Panjang KbJeruk seberang SMA 65, dagangnya pake gerobak, namanya mie ayam pak Edy. Jualannya pagi2 jam 6 , trus jam 8an kadang udah keabisan. Puas, porsinya banyaak sampe pen muntah..he. Mie ayam baso + pangsitnya cuma 7K. Dijamin kuenyang :)

Bayu Amus said...

menarik... kapan2 kalau pagi lewat situ saya sempetin ah. jam 8 udah sold-out ya? hebat... cukup dagang dua-tiga jam saja sehari =)

NinDiaYu PrAtIwi said...

hmm,,,,,,kalo mie dibandung yang enak itu emang biasanyanya mie ayam Chinese,,,,,n pasti rasanya juga ok.n kalopun ada yg masuk kategori mie ayam jawa/kampung yang saya pernah makan semuanya ga enak.

mie ayam jawa/kampung yang enak itu dipancoran dekat kantor ku, rasanya nendang,,,,,,

Bayu Amus said...

Mie Ayamnya Kantin Sakinah (Tubagus Ismail) gak kepake?

Pancoran sebelah mananya nih, bisa ngasi gambaran lebih presisi? =)

Appearances