Waroeng Spesial Sambel [a.k.a. Serba Sambel]

Rating:★★★★
Category:Restaurants
Cuisine: Other
Location:Margonda Raya, Depok
Mata gw sekejap langsung berbinar2, dilanjuti air liur yang bergelimpang, ketika Lia dan Indro memberikan kabar baik ini ke seluruh pecinta cabe: Serba Sambel. Sebuah warung makan yang menyajikan sambel sebagai menu utamanya. Indro, yang punya kebiasaan nyemilin cabe rawit sebagai cemilan wajib di waktu senggang, mengakui tingkat kedasyatan Serba Sambel ini. Jadi sejak malam sebelum saya melancong ke propinsi sebrang untuk mengudap cabe2 penggoda iman itu, saya sudah membujuk rayu usus dan lambung saya yang baru saja sembuh, agar mengijinkan saya bersenang senang satu hari saja..ya ? ya? Yaaaa? Pleaaaasee usus ku yang baik hati dan budiman....

Dan begitu terduduk di warung lesehan yang cozy di tenga hujan deras.. saya pun dilanda dilema dasyat... begitu banyak jenis sambel yang sangat ingin gw cicipi [dan mungkin juga efek kalap, karena sekian lama usus saya dikarantina dari dunia persambelan]. They all look very very delicious. Rasanya kalo boleh saya mau nyicipin semua *maruk*.

Image and video hosting by TinyPic

Kalo mengaku sebagai pecandu sambel, gw sarankan untuk mampir ke warung makan ini. Bukan Cuma super murah dan memiliki 26 varian sambel aja, tapi rasanya pun juga menjanjikan. Gw bener2 terpuaskan dengan semua rasa sambel, walaupun ga semuanya bisa membuat keringat membanjir, dan ingus meler2... tapi saya terpuaskan, rasanya seperti sedang berada di festival cabe. Lauknya juga gawat2. Benar2 teman sejati cocol sambel, terutama Jamur Gorengnya.. astaga.. aku nambah terussss.

Image and video hosting by TinyPic
Image and video hosting by TinyPic
The Jamur Gorengs


Beberapa list cabe dan teman2nya yang sempat saya geluti kemarin [hasil comot2 dari piring orang hehe]:

Sambel Goreng Rempelo Ati
Sambel ini sebetulnya enak, tapi tidak ada selentingan rasa pedas. Perpaduan bumbu yang sudah dimasak bersama sambel serta ati-ampela dan tomat segar di dalamnya benar2 gurih. Agak berbeda dari sambel ati yang sering saya makan, tapi sambal ini rasanya hampir seperti gulai dengan sedikit cabe. Takut sama cabe? Mungkin ini pilihan yang tepat :)

Sambal Bajak
Yang ini tingkatnya lebih pedas dari Sambel Goreng Rempelo Ati, tapi tidak menusuk dan lebih manis. Sangat cocok buat teman Ayam Goreng.
Sambal Tempe
Nah, yang ini sambel pesanan saya. sayangnya mood saya kemarin seddang ingin menikmati sambal yang benar2 sambal. Sementara sambal tempe ini sudah ada dalam bentuk lauk kering. Eventhough rasanya enak, sedikit pedas, dengan kombinasi tempe serta bawang putih yang tajam, dan begitu kena nasi panas...dassssssss....yummyyy. Ini juga menu yang ok buat yang ga bisa makan terlalu pedas.

Sambal Terasi Tomat Segar
Kalo boleh gw bilang, ini sambel jebakan. Kalo pertama kali dicoba, rasa pedasnya pas, tidak kurang tidak berlebih. Tapi karakter pedas di sambel ini sifatnya lebih menusuk, jadi begitu sudah sampai di suapan kesekian.. nah. Mulailah efek menusuk itu semakin tajam dan sukses bikin banjir ingus. [dan kini gw tau kenapa sambel ini punya julukan “pusing”]

Sambal Bawang
Ini tipikal sambal yang sering saya temukan: Sambal mentah segar. Rasa peddasnya tidak menusuk dan sedikit asin. Sebetulnya pas kemarin saya cicipi saya ga berhasil menemukan rasa pedasnya, yah mungkin juga karena saya Cuma numpang cicip sedikit, jadi efeknya belum bereaksi, soalnya si sambal ini menempati posisi kedua di list kejuaraan pedas.

Jamur Goreng
Ini parahhhhh... ati2 nyandunya!! Sampe sekarang gw masih kebayang2 sama rasanya, bener2 pol berat. Rasanya gurih persis kulit ayam kentucky tapi tanpa rasa amis kulit. Dengan perpaduan tekstur yang crispy dan bagian dalam yang sedikit chewy. Highly recommended.

Tahu dan Tempe Goreng
Teman sejati sambel2an. Dan ini bukan Tahu Tempe biasa, entah kenapa sepertinya duo ini sudahdibumbui secara tepat [direndam air garam + bawang dan entah apa lagi]. Terutama tahu gorengnya, dia benar2 sebuah tahu yang serius. Crispy dibagian luar, dan sangat lembut di bagian dalam yummm yummmm.

Perut sudah super kenyang, tapi rasanya lidah belum puas menyantap sambal.. dan sekarang pun gw masih penasaran sama sambal yang berada di posisi pertama di kejuaraan pedas: Sambal Terasi Segar... ohtuhan aku kecanduan.
Harga:
Makanan Rp. 2000 – Rp. 11.000
Minuman Rp. 1000 – Rp. 7.000

Image and video hosting by TinyPic


[WARNING]
Sambel di tempat ini bila saya bilang pedas, artinya BENAR BENAR PEDAS, buktinya, Indro si raja sambel aja bisa sumringah gitu heheheh.. oia dan kalo saya bilang ga pedas.... JANGAN PERCAYA ahahhahahahah

Selamat berburu cabe

Image and video hosting by TinyPic
si raja sambel pun bercucuran


btw, gw baru nyadar, tyt gw ga banyak foto2 menu di sana, sepertinya kami semua terlalu excited dengan ragam yang ada, sampe lupa daratan..wakakkakakakak..
yah well kalo pingin liat wajah2 'kebakaran'.. bisa diliat di sini:
http://nechan.multiply.com/photos/album/238/menyicipi_Depok



0 comments:

Appearances