Open Snap Teman Wisata Kuliner di Bali

Hi Guys! Senang liburan ke Bali? Tercatat sebagai satu dari tiga gerbang utama masuknya turis ke Indonesia, Bali memang menawarkan liburan yang seru. Pantai nya yang indah, Ubud nya yang menentramkan hati, atau kesenian dan aktivitas sehari-hari masyarakatnya yang spiritual merupakan tiga daya tarik utama Pulau Dewata ini.



Bagaimana dengan makanannya? Saat ini Bali merupakan tempat dari beberapa restoran papan atas, yang unggul tidak hanya di kancah nasional namun juga di kalangan internasional. Tercatat ada beberapa restoran yang berkali-kali masuk dalam daftar 100 restoran terbaik versi Mielle Guide Asia: Mozaic di Ubud, Metis di Petitenget, Sarong juga di Petitenget, dan Mama San di Seminyak. Tahun ini kompetisi pun akan semakin marak dengan bermunculannya restoran baru dengan karakter-karakter yang unik, misalnya Hujan Locale, Blanco par Mandif, dan Spice by Chris Salan, semuanya di Ubud.

Dengan beragamnya pilihan tersebut, bagaimanakah anda mencari yang pas bagi selera anda? Sekedar berbagi informasi, biasanya penulis sendiri sebagai Bali food blogger sangat mengandalkan word of mouth, atau informasi dari sesama teman bali foodies, termasuk dari teman-teman di majalah dan surat kabar. Namun sayangnya, informasi mereka cenderung tersebar di sana-sini dan karena lupa mencatat atau hal lainnya, seringkal informasi berharga tersebut tidak tersimpan baik dan terlupakan.


Bagaimana dengan Instagram? Wah ini juga salahsatu social media favorit Epicurina, karena di sana banyak sekali informasi termuat mengenai makanan apa saja yang sedang ngetop, informasi yang sangat penting bagi seorang Bali food blogger. Sayangnya, gambar menggiurkan yang ditampilkan di Instagram, tidak bisa kita tandai untuk disimpan, jadinya kita harus membuat list terpisah di tempat lain, untuk mencatat restoran mana saja yang ingin kita kunjungi di Bali.

Perkenalan dengan OpenSnap


Kabar baik! Baru-baru ini Epicurina mendapatkan informasi dari dari rekan food bloggers, bahwa sekarang ada aplikasi baru yang namanya OpenSnap! Aplikasi ini berfungsi sebagai alat bantu pencarian tempat makan enak, dan tersedia dalam dua versi: web dan mobile application.

Berhubung OpenSnap ini adalah produk dari OpenRice, dengan database yang segudang, maka kala kita menggunakan OpenSnap, di dalamnya sudah terdapat daftar dari ribuan, mungkin jutaan tempat makan ngetop!

Secara keseluruhan OpenSnap memuat data dari 10 negara di dunia, termasuk empat kota di Indonesia: Bandung, Jakarta, Surabaya, Semarang, Yogyakarta, dan satu pulau: Bali.

Setelah beberapa saat menggunakan OpenSnap, Epicurina merasa aplikasi ini seperti perkawinan antara Foursquare dengan Instagram: Foursquare dari sisi kemampuannya untuk menemukan restoran berdasarkan lokasi dan serangkaian opsi filtering, Instagram dari sisi prioritas terhadap tampilan gambar nya.

Sebagai hasil dari pembelajaran kami sendiri, berikut ini beberapa fungsi OpenSnap yang sangat bermanfaat bagi anda yang berencana liburan ke Bali, mulai dari menyusun rencana perjalanan, hingga tips saat anda sudah sampai di Bali:
  1. Apa saja makanan enak yang ada di tempat tujuan saya di Bali?
  2. Bagaimana cara menyusun daftar pilihan makanan atau restoran?
  3. Bagaimana cara melihat daftar makanan atau restoran pilihan?
  4. Ada makanan enak apa saja di sekitar saya?
  5. Makanan enak apa saja yang baru-baru ini ditemukan?
Yuk kita mulai

Apa saja makanan enak yang ada di tempat tujuan saya di Bali?

Dari website, anda bisa mengakses halaman OpenSnap untuk daerah Bali, dengan cara memilihnya dari pilihan dropdown lokasi.


Dari halaman ini, kita bisa mencoba beberapa pilihan sesuai selera kita, misalnya jika kita ingin melihat makanan enak apa saja yang ada di daerah Seminyak, maka scroll down hingga bagian lokasi muncul, dan click "Seminyak."

Layar pun akan berganti menjadi tampilan restoran per lokasi seperti di bawah ini:


Dari sini, tinggal click pada foto makanan yang menurut anda menarik, dan seterusnya.

Bagaimana cara menyusun daftar pilihan makanan atau restoran?

Walaupun kita bisa menggunakan OpenSnap versi web nya untuk melihat-lihat pilihan makanan di Bali, namun untuk fungsi yang lebih canggih seperti bookmarking, anda harus melakukannya dari versi mobile application nya. Hal ini terjadi karena versi web tidak memungkinkan personalisasi, plus menggunakan OpenSnap versi mobile apps itu lebih nyaman, karena kita bisa melakukannya tanpa harus duduk menghadapi layar komputer.

Pertama-tama anda perlu menginstall mobile application OpenSnap yang sesuai dengan telepon anda, yaitu versi Android, atau versi iPhone.

 

Setelah aplikasi ter-install, nyalakan dan pilih bahasa dan kota yang diinginkan.

 

Aplikasi kemudian akan terbuka, lalu lanjutkan dengan swipe up hingga bertemu dengan pilihan "lokasi"

 

Setelah memilih lokasi yang dimaksud, aplikasi akan menampilkan daftar dari restoran di daerah tersebut, dan kita bisa memilih untuk melihat versi peta nya juga

 

Dari halaman lokasi, anda juga bisa juga memilih restoran berdasarkan tampilan foto makanannya.

Untuk informasi lebih detail mengenai restorannya, click nama restoran tersebut untuk menampilkan profil restoran, lengkap berserta alamat, jenis makanan dan pengunjung, juga koleksi foto dan ulasan yang ada.

 

Jika dirasa menarik untuk dikunjungi, gunakan pilihan "ditandai" untuk memasukkan restoran tersebut ke dalam daftar restoran yang sudah anda bookmark.



Bagaimana cara melihat daftar makanan atau restoran terpilih?

Jika anda ingin melihat makanan dan restoran apa saja yang telah anda pilih untuk ditandai, masuk ke halaman utama aplikasi OpenSnap dan pilih "Penunjuk Halaman." Anda pun akan dibawa ke halaman "Menandai" yang berisi semua bookmark yang pernah anda buat. Cukup mudah bukan?

 

Ada makanan enak apa saja di sekitar saya?

Seandainya anda sudah sampai selamat di tempat tujuan di Bali, kemudian berjalan-jalan ke daerah yang tadinya tidak direncanakan, anda bisa juga mencari tahu apakah ada restoran enak di sekitar tempat anda berada, Caranya begini:

Masuk ke halaman utama, dan pilih "Terdekat."

 

Anda akan dibawa ke halaman berisi daftar dari makanan enak di sekitar anda, beserta versi peta nya.
Jika anda click versi peta nya, maka halaman peta akan muncul. Dari peta inipun anda bisa menggeser-gesernya untuk melakukan pencarian ulang mengenai makanan enak di daerah lainnya.

 

Makanan enak apa saja yang baru-baru ini ditemukan?

Sekiranya anda penasaran makanan enak apa saja yang baru ditemukan di Bali, dari halaman awal geserlah layar ke bagian kiri, atau click menu "semua orang." Di sini anda bisa melihat makanan-makanan apa saja yang pengguna OpenSnap lainnya kirimkan.

 

Fungsi-fungsi lainnya dari OpenSnap


Gimana, sudah cukup jelas? Fungsi-fungsi yang Epicurina uraikan tersebut sebenarnya hanya sebagian dari fungsi-fungsi menarik yang dibawa oleh aplikasi OpenSnap ini, selengkapnya (1):

  1. Personalized Your Food App by Bookmark : kamu dapat bookmark restoran, jenis masakan atau makanan favoritmu. Selain itu  juga dapat filter Restoran berdasarkan Bookmark yang terbanyak oleh foodies. Semakin restoran / jenis masakan / makanan tersebut di bookmark, maka semakin banyak digemari.
  2. Social Visited: kamu dapat melihat Temanmu (yang kamu follow) pernah berkunjung di restoran mana saja. Jadi kamu dapat melihat restoran mana yg paling banyak atau digemari oleh Teman - Teman.
  3. Map View: kamu dapat melihat berbagai Restoran yg terdekat dari lokasi kamu berada.
  4. Personalize your favorite location: kamu dapat mengatur lokasi yang sering dikunjungi untuk menjadi laman terdepan.
  5. Everyone Tab: kamu akan di update dan terkoneksi oleh seluruh foodie yang berada di Kota tersebut (Misal: Jakarta) apa yang sedang mereka makan.

Buat yang sudah menginstall aplikasinya di ponsel, saat upload foto makanan sertakan juga tag #epicurina ya, dan add Epicurina sebagai teman di OpenSnap.

Selamat berlibur! (byms)


(01) Sumber: http://indonesianfoodblogger.com/post/page/3992/snap_and_share.html

0 comments:

Appearances