Food Note: Sate Tuna Warung Guan

Nemu warung "Guan" yang jualan sate Tuna deket kost di Bali sini, sepuluh tusuk sate ukuran sedeng harganya cuma 4 rebu rupiah - keliatannya mau bersaing sama sate madura, makanya harganya merakyat.

Satenya sendiri beda sama sate tuna lainnya yang pernah gw temuin di Bali ini, yang dagingnya diiris meng-koin (rada bulet) dan berkarakter rasa smokey. Yang  di Warung Guan ini lebih mirip sate Marangi (Purwakarta) karena dah di-marinate bumbu sebelum dimasak. Sate mentahnya sendiri malah dikulkasin juga, jadi bumbunya meresap dalem. Dimakan tanpa saus ataupun condiments apa-apa, not even bawang, tapi karena dah dibumbuin jadinya asik-asik aja, nggak terlalu kentara kalau itu daging ikan, kecuali karena adanya aftertaste yang khas ikan laut tuh; rasa-rasa "gatel enak" pada gusi. Walaupun gw tetep prefer "mentah"nya (Maguro sushi), tapi yang satu ini oke juga koq, gw mah doyan, apalagi daging ikan laut kan relatif lebih sehat daripada daging hewan ternak, mengandung Omega-6 pula yang baik buat kesehatan.

Selain sate, ada juga sup Tuna, dengan bumbunya mirip sop bening biasa minus sayuran, dan karakter aroma daun salam yang cukup kentara. Daging tunanya sendiri dipotong dadu 1cm an, dan walau dibikin sup tapi nggak jadi buyar, nggak amis juga, dan kalau disantap masih panas-panas wuih asik!

Andai saja masaknya pake rumput laut juga... jadinya kan kuahnya mirip-mirip Dashi (kaldu ikan) nya Jepang yang sedap itu. Tapi segini juga dah seneng koq, alternatif menarik kalau bosen makan nasi campur atau capcay goreng. (bay)

8 comments:

Keke Rachmad said...

Kang, waktu di Bali, di Pasar Sukowati, juga ada sate model gituan. Kalo engga salah seporsinya (isi 5) cuman 5000 perak. Gurih karena ada parutan kelapa di adonan ikannya.

Pernah coba?

Bayu Amus said...

Sate biasa atau lilit ke? Biasanya yang ditambah kelapa dan bentuknya adonan (bukan potongan) jenisnya sate lilit. Kalau di Warung Guan ini bener2 potongan daging ikan disusun stack tiga, persis sate Madura lah kalau dari pakem motong dan nusuknya.

Btw kalau di Sukowati saya pernah nemu juga Sate Penyu... cuma rada kurang sreg sama rasanya... pedes banget juga :P

BERRYLICIOUS Warung said...

Sounds yummy nih......
Kasih info alamat warung Guan donk, kang Bayu :)
Makasih yaaaa

Bayu Amus said...

mohon maap, ternyata sejak akhir tahun 2009 lalu sudah gulung tikar, keliatannya salah pilih lokasi.

btw, untuk informasi (lokasi) kuliner lainnya bisa diakses disini:
http://tinyurl.com/petamakanbali

BERRYLICIOUS Warung said...

wow.....keren ada petanya :D
Thanks yaaaa.......soalnya aku dah 2 taon lebih tinggal di Bali tapi blum sempat wisata kuliner daerah2 pelosok. Paling daerah denpasar n sanur aja, hehehe.

Kang Bayu dah pernah cobain sate kakul ala Bali ?
Enak lhoooo......

Bayu Amus said...

oh udah dua taun? wah, pasti banyak pengalaman menarik nih.

Sate Kakul aku udah sempet nyobain, punyanya Warung Pan Putu itu, pas ada event Denpasar Festival akhir taun lalu, iya enak, ares kakulnya juga

Sate kuda yang aku rada penasaran nih hehehe

BERRYLICIOUS Warung said...

kalo aku lebih suka sate kakul di resto Alam Ayu (by pass setelah Kentucky sanur). Bumbunya lain n lebih kerasa. Per porsi 7000.

Owww.....aku juga blum sempat cobain sate kuda & steak kuda yg di renon tuh.......penasaran juga, hehehehe

Bayu Amus said...

wah menarik, bisa dicoba kalau pas lunch nih, kalau lagi bosen ama nasi padang atau pecel :)

Appearances