Hary Crab

Rating:★★★★
Category:Restaurants
Cuisine: Steak / Seafood
Location:Jl. Pahlawan, Samarinda, Kalimantan Timur
Bingung nyari makanan khas Samarinda? Di kota yang mengedepankan Amplang (Kuku Macan) sebagai snack resmi daerahnya, ternyata salahsatu masakan khas yang harus dicoba disini adalah Seafoodnya, dan Harry's Crab merupakan salahsatu yang banyak direkomendasikan para pelancong di kota ini.

Menempati toko sederhana di pertigaan jalan, harry's Crab yang buka sejak sore hari hingga jam 11 malam (waktu setempat, WITA) ini selalu dipenuhi oleh pengunjung. Tak peduli weekend maupun hari biasa, selalu ramai. Kalau cuaca sedang cerah, anda bisa memilih untuk duduk di bangku luar (open air) atau di ruangan dalam (berkipas tapi tetep panas).

Menu andalan di tempat ini adalah Kepiting tentunya, namun silakan coba menu-menu lainnya juga dari bahan baku udang, ikan, cumi-cumi, dan kerang. Kerang rebusnya cukup nendang sampai ke ubun-ubun.

Pilihan cara masaknya sayangnya cukup terbatas; bakar, rebus, masak bumbu saus tiram, atau asam manis, atau jenis bumbu standar lainnya. Tapi karena rata-rata tingkat kesegaran bahan baku seafood yang ditawarkan cukup bagus, dan handling kualitas bumbunya bagus, sehingga dimasak apapun paduan rasanya bakalan oke deh.

[Btw, buat anda yang rada kurang imaginatif, disini masih ada juga pilihan menu ayam dan bebek goreng koq.]

Harga-harga cukup terjangkau; Kepiting di bilangan 40K (biasa) atau 50K (kepiting telur), Kerang Rebus 15K seporsi besar, lainnya sih belum tau pasti tapi menilik contoh harga tersebut maka keliatannya nggak sampe buat jebol kantong bukan?

Untuk kepitingnya, rata-rata berukuran sedang saja, dimasak dengan bumbu yang legit dan "bulet" untuk menambah kenikmatan. Kaki-kaki kecil tidak disertakan, cuma capit dan body saja. Sample yang pernah dicoba mengindikasikan kalau kepitingnya masih agak muda, atau dari jenis khusus yang bisa dimakan habis sampe ke tulang-tulang rawan yang terdapat di body nya; less messy, less trash.

Price-wise, taste-wise, dan uniqueness-wise, wajib dikunjungi. (bay)

Hary Crab Pahlawan (Sari Laut)
Jl. Pahlawan / Kulintang No. 41
(0541) 745201
Samarinda 75123
Kalimantan Timur
Indonesia

2 comments:

Appearances