[Kuliner] Mie Rebus Belitung ... Di Bogor

Tak ada agenda wisata kuliner sebenarnya hari Jumat (27.07.07) kemarin, hanya kebetulan ada kerjaan desain grafis untuk eksebisi di Rakernas BKTRN yang harus ditunggui di studionya Yoga di Cibalagung, Bogor. Namun secara sang desainer punya bisnis sambilan jualan mie rebus a la Belitung di Jalan Pasir Kuda, Bogor, ya pas makan siang saya dijamu oleh tuan rumah, yang sahabat lama saya semasa masih jaman susah ini .

Warung yang terletak sekitar 200 m dari rumah ini tak begitu besar. Dari luar pun penampakannya sangat sederhana, menempati sebuah kios berukuran 2x2 m2 di tepi jalan raya yang menghubungkan Ciomas-Pancasan. Yang jualan sekaligus meracik bumbu khas daerah asal sang istri, tak lain tak bukan adalah istri Yoga sendiri.

Sepiring cukup murah, cuma Rp. 5000. Padahal kalau ditilik lebih lanjut, isinya tergolong mewah untuk harga segitu. Ada udang dan daging sapi, yang air kaldunya menjadi perisa utama penganan khas yang menggunakan mie basah ini.

Selera makan sempat sedikit terganggu secara di tengah-tengah menyantap, terima telpon dari Denny yang mau ngasih tau kemana sprei dan sarung bantal pesanan istrinya kudu diantar *pesansponsor.com*

Rasanya gurih, meski menggunakan udang, tapi perpaduan dengan rasa daging sapi masih tetap terasa. Sayang pakai toge, secara saya menderita asam urat sehingga terpaksa tak saya santap sayuran yang selalu jadi pelengkap penganan khas di Bogor ini. Terus ada juga tahu dan mentimun, dua bahan yang jarang dijumpai dalam satu pinggan dengan mie rebus. Tak ketinggalan daun slada, sebagai hiasan *tapi tetap boleh dimakan kok *. Lebih sedap lagi bila disantap dengan taburan bawang goreng dan sambal tomat yang pedas sedang. Sebaiknya jangan diciprati kecap karena akan merusak rasa.

Well, nice 'free' lunch Yog!

Penasaran mo ngicipin? Sila kunjungi langsung warung mie rebus Belitung di Jl. Pasir Kuda ini. Letaknya tak sulit dicari kok, bisa dari dua arah:

Stasiun Bogor: Jembatan Merah/Kapt. Muslihat ambil arah Gunung Batu, pertigaan dekat Litbang Kehutanan, ambil kiri (arah Ciomas) ketemu pertigaan ambil kiri lagi. 500 meter dari pertigaan ada masjid dan jembatan di kiri jalan, maju 10 meter dan di sebelah kanan jalan itu lah letak warung mie rebus Belitung.

Bogor Trade Mall/Museum Zoologi/Pasar Bogor: ambil jurusan Empang (turun ke bawah), pertigaan ambil kanan, ikuti jalan ketemu pertigaan Pancasan ambil kanan lagi, ikuti jalan, ketemu Kantor Lurah Pasirjaya di kanan lewat sedikit dan tak jauh dari situ di sebelah kiri jalanlah letak warung mie rebus Belitung.

Boleh dicoba nih buat para pakar kuliner MP

Photo credit: jepretan sendiri lah pas makan di sana.

©ciput 2007 all rights reserved.

5 comments:

Appearances