Profesi Sebagai Culinarian (Chef)

Jikalau kita tilik sekitar sepuluh tahun ke belakang, pekerjaan sebagai juru masak atau yg lebih dikenal dengan koki dan atau Chef dikalangan profesionalisme, masih sangatlah minim dan cenderung kurang diminati oleh sebagian banyak orang. Profesi ini cenderung dianggap sebelah mata krn jenis aktivitasnya yg terkesan tida menarik,tidak menghasilkan materi yg cukup,atau dikaitkan dengan feminimisme. Namun seiring dengan waktu berjalan dan industri food service yang ikut berkembang,sedikit demi sedikit orang pun mulai menilik profesi chef sebagai kesempatan berkarir yg cukup layak,malah kalau boleh dibilang sangat menjanjikan.

Profesi seorang Chef tidak hanya dibutuhkan untuk bekerja di dapur-dapur dining room hotel maupun restoran, melainkan juga diberbagai food industry lainnya baik itu perorangan atau institusi. Sebagai seorang culinarian, dituntut kredibilitas yg cukup baik mengenai bidangnya dan tidak hanya pintar memasak & mengolah bahan-bahan makanan, mengembangkan ide & gagasan, memadukan nutrisi dengan presentasi yang baik dan selalu update tentang culinary fashion terkini menjadi hal-hal yang harus selalu berproses sebagai Chef.

Berikut pemaparan saya tentang ladang profesi yang mengambil Chef sebagai kendalinya :

Hotel, menawarkan berbagai fasilitas untuk dining dan biasanya mempunyai lebih dari satu outlet restoran. tentu saja didalamnya termasuk restoran formal atau yg lebih dikenal dengan fine-dining restaurant, lalu room service yg menyediakan makanan & minuman bagi tamu yg ingin menikmati hidangan di kamar hotel,coffeeshop, dan banquet room yang menyediakan perlengkapan pesta termasuk untuk food dan beverages.

Full-service restaurants,seperti bistro yg banyak bermunculan di Jakarta beberapa tahun belakangan ini, menawarkan pilihan set menu yg berkelas dan tentunya mempunyai staff-staff yg sudah berpengalaman.

Private Clubs, secara general menyediakan pelayanan bersantap bagi anggota-anggota club tersebut. Makanan yang disajikan bisa berupa light meal atau terkadang menyediakan full-course meal ala dining room.

Institutional Catering, bergerak di institusi-institusi seperti sekolah, rumah sakit, kampus, airline, dan perusahaan-perusahaan yang membutuhkan jasa pelayanan makanan. Menu yang di oalh disini tidaklah terlalu rumit dan cenderung sederhana namun tetap dengan varian rasa & gizi yang sesuai. Chef yang sudah berpengalaman sanat direkomendasikan untuk institusi ini.

Catering, salah satu industri pelayanan makanan yang berkembang cukup pesat dengan menyediakan pelayanan untuk acara-acara khusus seperti resepsi pernikahan,pesta-pesta perayaan, dan private catering.

Carry-out Food Service, atau yang lebih dikenal dengan jasa boga rumahan. melayani konsumen-konsumen yang sibuk dengan aktivitas pekerjaan sehingga tidak mempunyai waktu untuk memasak.

Untuk saat ini sudah banyak institusi sekolah yang khusus membuka pendidikan dalam bidang tata boga yang tentunya bertujuan untuk menghasilkan tenaga-tenaga boga yang handal dan sesuai dengan profesionalisme sebagai seorang juru masak. Selama manusia di muka bumi ini masih ingin hidup, mereka akan makan, dan selama mereka masih membutuhkan makanan, maka Chef akan terus bekerja dan berkarya menghasilkan hidangan-hidangan yg akan terus berkembang dan berevolusi.

Oleh Danang Wijanarko, Chef dan Food Journalist

3 comments:

Appearances