[Siomay] SOGO: Dulu Gopek, Sekarang Goceng


Rating: ★★★★
Category: Restaurants
Cuisine: Asian
Location: Kalimalang, Jakarta Timur

Makan di warung satu ini ingatan kembali ke satu dekade yang lalu, jaman masih pacaran sama mantan pacar yg sudah jadi istri dan ibu dari dua (bakal jadi tiga) anak-anak saya. Menu utamanya tetap sama, yaitu Somay bumbu kacang. Yang beda cuma harganya, sepuluh tahun lalu cukup bayar gopek (500 perak) untuk seporsi besar, sekarang hanya 5000 perak!

Menu utama itu pula yang memberi nama warung yang ramai setiap malam Minggu ini. SoGo itu berasal dari singkatan Somay Gopek... mungkin itu pula sebabnya harga somaynya tak beranjak dari awalan kata Go, cuma kali ini Goceng (5000 perak). Tapi gak mungkin kali ya sepuluh tahun lagi harganya melejit jadi Goban :D

Kalau sepuluh tahun lalu saya datang di malam Minggu sama pacar, kemarin siang sepulang dari BCA Kalimalang di sebelahnya, saya kembali datang ke sana dengan teman sekantor saya, yang ternyata familiar sama warung makan ini pula, meski mereka tinggal di belahan selatan Jakarta. Ya secara ternyata mereka pun ada kaitan dengan kawasan di mana saya dilahirkan dan dibesarkan ini, yaitu Kalimalang. Yg satu memang kuliah di sebuah akademi sekretaris di dekat situ, yg satunya lagi adiknya yg gantian kuliah di situ dan sering mengantar.

Cuma secara kali ini saya datang dalam kondisi diet nasi dan mie, saya pesan somay, yang bumbu kacangnya membanjir bak soto, sebagai base meal pengganti nasi! Lantas untuk lauk, saya pesan ayam bakar, yang asli ayam kampung dan rasanya legit agak-agak gosong. Minumnya? Sharing berdua sekretaris saya pesan es teler yang tak kalah lezat meski rada lucu disaji dalam gelas dan bukannya mangkuk. Es teler yang aneh!

Saat ini warung itu tak lagi berbentuk warung terbuka tak berdinding, tapi sudah bangunan tembok permanen. Hanya bangkunya yang dipertahankan tetap bangku kayu panjang dan meja panjang. Cuma memang tak lagi berdesak-desakan seperti dulu secara ruangnya tambah lapang.

Yang makan di situ pun beragam, tak hanya pegawai berdasi, tapi juga anak ABG! Bahkan ada seorang pria paruh baya yang datang berdua dengan perempuan muda! *halah! ada yang selingkuh juga di sini*

©ciput2007 all rights reserved

1 comments:

Appearances