Krispy Kreme Doughnuts


Rating:★★★
Category:Restaurants
Cuisine: American
Location:Senayan City
Lia rekan epicurean, berujar kalau di Jakarta ini akan segera dimasuki juga produsen donat dari luar negeri: "Krispy Kreme". Gerai donat yang telah beroperasi di AS sejak tahun 1937 ini, merupakan salahsatu merk donat kelas dunia, yang beroperasi di berbagai negara. Sebelum masuk ke Indonesia, KK baru saja membuka cabangnya di Hongkong pada Agustus 2006, menambah panjang daftar gerai mereka di kawasan Australasia: Korea Selatan, Australia, Hongkong, dan Indonesia1.

Setelah menunggu beberapa lama, akhirnya franchise yang dimaksud inipun membuka gerainya di Senayan City lantai B1, face to face dengan jawara donat Jakarta saat ini: J.Co. Merk yang disebut terakhir tersebut, merupakan brand "asli" Indonesia kreasi Johny Andrean, yang sebelumnya tenar sebagai hair-stylist, dan sukses juga mempopulerkan BreadTalk.

Dari pengamatan pertama, ukuran donat ini tidaklah jauh berbeda dengan produk kompetitornya, hanya saja terdapat variasi yang lebih beragam, disamping harga yang sedikit lebih mahal (sekitar 6K per piece). Namun demikian, KK juga menerapkan skema harga progresif, dimana harga per-lusinnya turun menjadi sekitar 50K, dan lebih rendah lagi untuk lusin kedua.

Dari tiga macam donat yang penulis coba; New York Cheesecake, Chocolate Iced Glazed Cruller, Chocolate Iced Kreme Filled, semuanya memiliki suatu kesamaan; karakter dough (adonan) yang lebih padat, dan... rasa manis yang masuk kategori pembunuhan! Gw yang suka manis aja, sampe bergidik makan donat-donat ini. Aftertaste-nya sendiri berkeliaran cukup lama di mulut gw, dan baru bisa ngibrit setelah diusir dengan bilasan green tea botolan. Heuh...

Perlu diakui, karakter paduan rasa yang mereka tawarkan merupakan suatu "pencerahan" dan lebih "berani" dibandingkan dengan apa yang ditawarkan oleh J.Co yang cenderung "lemah lembut", atau (apalagi) terhadap Dunkin Donuts yang bisa dibilang akhir-akhir ini kurang ber-inovasi dibanding saingan-saingannya tersebut. Selain itu, gw pribadi lebih suka dough dari KK yang lebih condong ke "klasik" dibandingkan dough nya J.Co yang lembek dan mudah kempes. Hanya saja karena kadar manisnya itu, dan aromanya kalah membius dibandingkan J.Co, maka kepaksa penilaian akhir gw turunkan sedikit; 3 - 3.5 bintang. (bay)
Enhanced by Zemanta

26 comments:

Appearances