Empal Gentong Lapangan Ros Jakarta - Review

Rating:★★
Category:Restaurants
Cuisine: Asian
Location:Lapangan Ros, Tebet, Jakarta
Lokasinya deket rel kereta api Tebet dari arah Saharjo, pas didepan SPBU. Kalo dan ngeliat resto Wong Solo, siap2 menepi... Tempatnya kecil, cukup nyempil, tapi cukup rapi dan bersih juga.

Menu untuk saat ini cuma ada Empal Gentong. Seporsinya delapan rebu rupiah udah termasuk nasi. Secara umum... cukup enak. Kuah santan kuningnya cukup mantap, walau nuansa msg nya juga cukup kenceng. Kalau secara komparatif... blank... ini Empal Gentong pertama yang saya makan secara "conscious", karena biasanya kalau nemu EG di pesta2, it came and go coment-less ly.

Daging2nya empuk dan ngga sulit buat dikunyah. Porsi sedeng; semangkuk EG di tempat ini isinya daging dan babat putih dengan jumlah yang lumayan. Cukup kenyang untuk perut normal, sedangkan untuk pejajan kelas berat keliatannya bakalan butuh lebih dari satu mangkuk.

Buat yang veteran Empal Gentong, ada rekomendasi tempat laen?

7 comments:

margie u. said...

d foodcourt Mal Taman Anggrek, ada kios makanan Cirebon. empal gentongnya ok. tp yg recommended sih mie kocoknya! kuahnya pke santan n kentel (mirip lomie), rasanya gurih n agak manis. ada juga sate kalong (pdhl k daging sapi, tp knp namanya kalong?) n tahu gejrot tp yg 2 ini sih buat g so so. nasi galungnya jg enak.
dl g suka makan sana. tp udah lama ga mampir jd ga tau msh seenak dolo gak

Bayu Amus said...

Hmm... I wonder... apa itu mie kocok emang khas Cirebon atau mereka ngereka-reka sendiri ya? Soalnya biasanya kalo mie kocok itu kan kuahnya bening... Dan bicara soal mirip Lomie, di kampung bokap di Tasikmalaya, ada tukang mie yang ngetop banget, dengan kuah mie yang kentel lengket gitu, kita taunya itu "Mie aci". (aci = kanji) Jadi penasaran juga apa ada kaitannya ama si mie kocok Cirebon ini ya...?

margie u. said...

wah krg tau jg. tp g punya byg sodara yg tinggal d cirebon n g tau nih makanan jg dr nyokap (yg mungkin pernah k cirebon n nyicip dsana kali) hahahah tp yg namanya makanan2x pasti ada yg 'adopsi2x' jg lah =)

Bayu Amus said...

Wahh... Cirebon... Hal yang paling gw inget dari kota ini adalah Nasi Jamblangnya sama memori masa kecil... sodaraku disini kalau kami mampir selalu nyuguhin Rajungan + Udang rabus sampe satu dandang penuh! Huuu... seruuu... Untung banget gw gak punya alergi sama seafood =)

Btw, pernah makan Nasi Goreng Mawut (Nasi goreng + mie)? Denger2 asli Cirebon juga...

margie u. said...

eehhh ya salah, maksud g di atas bukan nasi galung tp nasi lengko heheheh (nasi putih yg di atas ditabur potongan tahu-tempe goreng, tauge, selederi, n disirem bumbu kacang-kecap manis, nikmat dimakan panas2x ^^)
nasi jamblang jg ada disana tp g krg suka sih, lbh suka nasi lengko hehehhe

wah nasi goreng mawut? maksudnya mirip nasi+mie goreng ky yg suka dipesen d tukang tek2x bkn? hehehe kan bisa combo tuh suka2x, mao nasi-kwetiaw, bihun-bakmi, bihun-kwetiaw, n so on =P

Bayu Amus said...

Jadi inget... dulu mau ngedata nama-nama dan jenis2 makanan daerah tapi belum jadi juga...

Mungkin perlu dibuat postingan baru buat ngedata ini ya? Dikit-dikit gitu

margie u. said...

wah ide baik!! :D

Appearances